top of page
Search
  • jasonbutex666

Larangan Merokok Demi Ciptakan Lingkungan yang Sehat

Merokok merupakan kebiasaan tidak sehat yang sudah dianggap lumrah oleh banyak orang. Bagaimana tidak? Setiap harinya jumlah perokok cenderung bertambah meski resikonya banyak dipaparkan di bungkus-bungkus rokok. Tidak heran lagi jika saat ini kita memergoki siswa SMP merokok di pinggir jalan. Bisa jadi disebabkan karena pergaulan yang salah dan rasa penasaran yang tinggi terhadap sesuatu yang banyak dilakukan orang-orang di sekitarnya.


Dibalik Peraturan Dilarang Merokok


Perokok terbagi menjadi dua jenis, yaitu perokok aktif dan perokok pasif. Perokok aktif ialah mereka yang secara langsung mengisap rokok beserta zat-zat beracun di dalamnya secara sengaja. Sedangkan perokok pasif ialah mereka yang secara tidak langsung juga terkena dampaknya meski tidak mengisap batang rokok, namun secara tidak sengaja mengisap asap rokok yang dihembuskan perokok aktif. Larangan Merokok Demi Ciptakan Lingkungan yang Sehat pun sulit untuk dipublikasikan sebab taraf dari perokok yang makin seenaknya

Banyak kita temui rambu-rambu dilarang merokok di kota-kota besar, terutama di tempat-tempat umum. Ini digunakan sebagai larangan dan penolakan atas tindakan merokok di tempat-tempat yang banyak dikunjungi anak-anak dan orang-orang yang sehat. Selain itu, tindakan ini diambil untuk meminimalisir bertambahnya perokok pasif.


Jika mau dipahami, rambu dilarang merokok sendiri sebenarnya digunakan juga dengan tujuan untuk memberikan sindiran halus akan bahayanya merokok. Meski secara tidak langsung, ini membuktikan bahwa baik pemerintah maupun masyarakat sama-sama peduli dengan kesehatan putra-putri bangsa. Setidaknya dapat menumbuhkan kesadaran bagi para pecandu rokok itu sendiri.


Berhentilah Merokok

Sebagai perokok aktif, ada baiknya Anda mulai mengindahkan larangan merokok yang dibuat atas kepedulian orang lain terhadap Anda. Mungkin Anda berpikir tidak semudah itu untuk berhenti karena kecanduan yang sudah terlanjur menyeruak dalam tubuh Anda. Namun dengan menyadari bahwa kesehatan Anda sangatlah berharga dapat menumbuhkan sedikit demi sedikit niat untuk berhenti merokok.


Ingatlah selalu bahwa Anda punya sisa umur yang berharga untuk Anda habiskan dengan orang-orang tercinta. Merokok hanya akan membahayakan kesehatan Anda dan menyeret orang-orang terdekat untuk terkena dampak zat-zat beracunnya juga. Dengan kata lain, Anda telah merugikan orang lain dalam setiap asap rokok yang Anda hembuskan. Mulai sekarang berhentilah. Merokok hanya berarti Anda menyumbang uang untuk pengusaha-pengusaha rokok yang semakin kaya di atas penderitaan Anda.

3 views0 comments
bottom of page